Kamis, 13 Desember 2012

Kekerasan Tak Bisa Selesaikan Masalah


Direktur Pais Dirjen Pendis Kementerian Agama RI, Dr. Amin Haedari, M.Pd mengatakan, kekerasan tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Apalagi pola-pola yang dilakukan oleh kelompok tertentu yang menggunakan teror dan pengeboman.

“Sebetulnya dengan adanya kelompok teror, masalah yang kita hadapi tidak akan pernah selesai. Mereka melakukan kekerasan selalu menggunakan legitimasi agama, padahal kita dianjurkan untuk mengajarkan agama dengan hikmah,” kata Amin pada Lazuardi Birru, di Jakarta.

“Kita dianjurkan untuk mengajarkan agama dengan hikmah, dengan lemah lembut, dengan tutur kata yang santun,” imbuhnya.

Menurut Amin, apa yang dilakukan oleh kelompok yang senang menggunakan kekerasan dalam mengajak pada kebaikan merupakan kesalahan fatal. “Kalau ada orang yang tidak sepaham, kemudian diselesaikan dengan cara kekerasan, saya kira itu pemahaman yang keliru,” ungkapnya.

Karena itu, ia berharap agar tidak menjadikan kekerasan sebagai solusi. Menurut dia, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan persoalan ini. Misalnya dengan cara dialog dan memberikan tauladan yang baik.

Ia menghimbau pada semua elemen masyarakat agar tidak mudah terprovokasi, dan menganggap kekerasan sebagai solusi. Menurut dia, kekerasan hanya akan menimbulkan masalah baru, dan tidak akan pernah menyelesaikan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar