Kamis, 06 September 2012

Polisi pastikan Toriq si pembuat bom di Tambora teroris


Kepolisian akhirnya menyimpulkan Muhammad Toriq (30), perakit bom rakitan di Tambora, Jakarta Barat adalah salah satu dari sekian banyak anggota teroris yang belakangan kembali meresahkan Tanah Air. Hal itu dikuatkan dengan penemuan sejumlah bahan peledak dari rumahnya ibunya yang terletak di Jalan Teratai 7, RT 02/04, Kelurahan Jembatan Lima, Tambora.

"Iya dia (Toriq) teroris. Kita pastikan setelah ditemukan adanya bahan-bahan yang diduga peledak dan juga olah tempat kejadian perkara (TKP) dari petugas labfor," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, kepada merdeka.com Kamis (6/9) malam.

Toriq hingga kini masih buron. Untuk melacak keberadaan pria pengangguran itu, polisi akan berkoordinasi dengan Densus 88 Anti Teror.

"Tentunya harus dikoordinasi dengan Densus, lalu mereka mencari kelompok tersebut apakah kelompok lama atau kelompok baru. Saat ini Toriq masih dalam pengejaran petugas," tegas Rikwanto.

Toriq terkenal pendiam dan kurang suka bergaul dengan warga di sekitar tempat tinggalnya. Meski demikian, Toriq rajin beribadah seperti salat ke masjid walaupun dia memilih tidak berjamaah. Informasi yang dihimpun merdeka.com dari pihak RT setempat, Toriq sebelumnya pernah menjadi anggota majelis taklim Al-Qiyadah.

Sebelumnya, Rabu kemarin sekitar pukul 14.30 WIB, warga Gang Teratai dikagetkan dengan kepulan asap yang muncul dari sebuah rumah. Warga awalnya mengira itu kebakaran. Mereka lantas mendatangi rumah itu.

Sesampainya di rumah yang belakangan diketahui milik ibu Iyot, ibunda Toriq, warga malah dihalang-halangi oleh Toriq. Merasa aneh dengan sikap Toriq, mereka kemudian melaporkan ke polisi.

Saat polisi belum tiba, Toriq sudah lebih dulu kabur ke arah Jembatan Besi. Padahal saat itu Tariq masih menggunakan sarung.

Tidak lama berselang, polisi tiba di lokasi dan langsung melakukan penyisiran. Dari hasil penyisiran itu, polisi menemukan benda diduga bom rakitan yang setengah jadi dan bahan-bahan peledak.

Polisi juga menyita paku, ponsel, pipa paralon, belerang dan rumusan campuran bahan kimia. Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut soal sosok Toriq yang terkenal kuper, polisi mengamankan ibu Iyot dan istri Toriq untuk dimintai keterangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar